Tips 6 Cara Efektif Membangun Komunikasi Yang Baik Dan Benar

Berkomunikasi dengan orang lain merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan setiap manusia. Komunikasi sendiri merupakan suatu proses atau kegiatan penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain untuk mencapai tujuan tertentu. Tanpa adanya komunikasi, manusia tidak dapat membangun interkasi dan hubungan dengan orang lain.

Tips 6 Cara Efektif Membangun Komunikasi Yang Baik Dan Benar

Komunikasi. Pada saat kita melakukan aktifitas sehari-hari tentu terdapat unsur komunikasi di dalamnya baik dalam bentuk negosiasi, transaksi ataupun saat kita melakukan pertanyaan maupun jawaban pada saat sedang menerima pelajaran dan lain sebagainya. Sudah dapat di pastikan bahwa komunikasi tersebut pasti akan ada selama pada saat melakukan aktifitas yang sedang Anda lakukan terdapat dua sampai tiga atau bahkan lebih orang di dalamnya.

Pengertian komunikasi secara umum yaitu bagaimana proses seseorang dapat berhubungan dengan orang yang lainnya pada saat melakukan pertukaran informasi, saling berbicara ataupun saling mendengar sudah pasti merupakan alasan untuk terjadinya komunikasi. 

Di dalam komunikasi terdapat banyak sekali metode yang dapat Anda gunakan pada saat proses tersebut sedang atau akan berlangsung, di antaranya yaitu dengan menggunakan kemampuan dalam membuat orang lain terpengaruh, menggunakan Bahasa tubuh, bahkan saat terjadi persetujuan juga merupakan hasil serta metode pada saat berkomunikasi.

Kadang kala kita juga tidak menyadari secara langsung kalau pada saat tersebut kita sedang melakukan komunikasi dengan orang lain karena pada dasarnya tidak ada seseorang yang tidak pernah melakukan komunikasi. Namun sayang, tak seluruh orang tahu bagaimana caranya untuk membangun komunikasi yang efektif.

Berikut adalah tips and trick singkat untuk membangun komunikasi yang Efektif :

1       Menjadi pendengar yang baik

Setiap orang pasti ingin didengar, oleh karena itu dalam membangun suatu hubungan dengan orang lain anda harus menjadi pendengar yang baik terlebih dahulu. Hal tersebut akan membuat lawan bicara nyaman. Selain itu dengan mendengar anda akan mendapatkan banyak informasi juga. Saat mendengarkan anda juga dapat menunjukan ekspresi yang baik dengan sesekali tersenyum atau mengangguk.

2. Jangan memotong pembicaraan

Memotong pembicaraan masih menjadi sebuah kebiasaan bagi banyak orang saat sedang berkomunikasi karena salah satu dari mereka merasa lebih tahu dibanding yang lainnya. Inilah hal lain yang harus dihindari untuk membangun komunikasi efektif dalam pelayanan. Jangan sampai kamu menjadi lebih banyak bicara dibandingkan orang yang sedang berbicara karena hal itu bisa menimbulkan rasa kurang nyaman dan bosan. Memotong pembicaraan termasuk salah satu etika komunikasi dalam berbicara yang terkadang masih sering dilakukan padahal cara ini merupakan salah satu cara mencapai komunikasi dalam lingkungan bisnis yang paling ampuh untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

3. Memperhatikan Intonasi dan Gaya Bahasa yang di Pakai

Berbicara secara natural bukanlah suatu hal yang salah namun Anda harus tetap memperhatikan intonasi serta gaya bicara yang sedang Anda gunakan pada saat komunikasi berlangsung. Gunakan tata Bahasa yang jelas dan mudah untuk di pahami dengan beberapa penekanan nada supaya lebih meyakinkan pada saat Anda sedang menjelaskan sesuatu. Dapat pula dengan menggunakan ekspresi pada saat Anda melakukan kontak dengan lawan bicara Anda agar lebih bisa membantu mereka untuk mengerti apa yang sedang Anda katakan.

4. Memberikan respon

Ada beberapa tahap komunikasi yang harus dipenuhi untuk mencapai komunikasi efektif selama masa pandemi, dimana salah satunya adalah memberikan respon. Masih berkaitan dengan memberikan perhatian penuh, memberikan respon akan membuat seseorang merasa didengarkan dan dihargai keberadaannya. Jika kamu tidak memberikan respon atau cuek terhadap komunikasi yang dilakukan oleh orang lain maka komunikasi yang sedang terjadi menjadi tidak efektif.

5. Kontak Mata

Langkah selanjutnya dalam membangun komunikasi efektif adalah dengan melakukan kontak mata. Masih berkaitan dengan beberapa poin diatas, dengan melakukan kontak mata, orang yang diajak bicara akan merasa diterima dan dihormati sehingga dia akan terbuka dalam mengutarakan permasalahan yang sedang dihadapinya. Jadi, usahakan kamu menatap mata lawan bicara kamu untuk membuat dia merasa nyaman berbicara dengan kamu.

6. Memastikan Pembicaraan Jelas dan Tidak Asal Lompat Tema

Pada umumnya setiap pembicaraan tentu memiliki tujuan untuk bisa mendapatkan solusi. Suatu pembicaraan yang efektif harus tahu akan kemana arahnya, jangan sampai membuat orang lain merasa terdapat keganjalan ataupun bingung dengan apa yang di bicarakan. Maka dari itu berbicaralah dengan membahas tema-tema yang lebih relevan terutama apabila Anda baru mengenal orang tersebut agar pembicaraan yang di lakukan tidak terasa menggantung. Selain itu Anda juga perlu mengetahui tanda-tanda seseorang yang mulai ingin untuk mengakhiri pembicaraan. Apabila orang tersebut lebih terkesan defensive atau mulai memberikan gelagat yang kurang nyaman maka hal tersebut bisa jadi merupakan tanda bahwa mereka ingin segera mengakhiri pembicaraan.

Nah itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan jika komunikasi kamu ingin efektif, Mungkin tips ini bisa kamu terapkan pada saat kamu sedang berbicara dengan orang penting.