Tips Agar Anak Bunda Tidak Terus Memainkan Gadget

dalam kondisi yang sudah parah anak bisa saja melakukan tindakan kekerasan. Jangan sampai hal ini terjadi, kalian sebagai Orang Tua bisa melakukan beberapa tips berikut ini.

Tips Agar Anak Bunda Tidak Terus Memainkan Gadget

Perangkat layar bergerak yang terdapat pada gadget atau gawai menjadi suguhan generasi z dan alfa saat ini. Lahir dengan banjirnya perangkat gawai di sana-sini membuat anak-anak akhirnya memiliki interaksi yang intens dengan teknologi ini.

Lalu bagaimana agar interaksi yang begitu dekat tersebut tidak menyebabkan kecanduan gadget pada anak? Orang Tua perlu mempelajarinya. Salah satu efek negatif yang perlu diwaspadai dari interaksi berlebihan antara anak dan gawai adalah munculnya masalah perkembangan motorik pada anak.

Terlebih pada anak-anak usia di bawah lima tahun yang masih mengalami pertumbuhan signifikan. Selain itu, masalah sosial dan interaksi dengan lingkungannya pun jelas akan bermasalah.

Bagaimana cara mengatasi kecanduan gawai pada anak? Apakah cukup dengan menarik paksa ponsel yang sedang mereka pegang?

Konflik fisik mungkin akan terjadi, bahkan dalam kondisi yang sudah parah anak bisa saja melakukan tindakan kekerasan. Jangan sampai hal ini terjadi, kalian sebagai Orang Tua bisa melakukan beberapa tips berikut ini :

1. Buat aktivitas menyenangkan bersama anak

Buatlah aktivitas menyenangkan agar pikiran Si Kecil teralihkan dari gadget. Bunda bisa mengajak Si Kecil untuk bersepeda atau lari pagi, memasak bersama, menggambar atau mewarnai bersama, atau berkebun di pekarangan rumah. Selain itu, ajaklah Si Kecil ke taman dekat rumah supaya ia bisa bermain dengan teman-teman sebayanya. Bila perlu, Bunda bisa mengundang anak-anak di lingkungan sekitar untuk berkunjung ke rumah dan bermain bersama Si Kecil. Selain membuatnya lupa dengan gadget, cara ini bisa meningkatkan interaksi sosial Si Kecil.

2. Berikan contoh yang baik kepada anak

Sisihkan ponsel, tablet, dan laptop Bunda selama beberapa jam setiap harinya. Kemudian, libatkan diri dalam bentuk hiburan alternatif dan habiskan waktu bersama keluarga serta anak-anak.

3. Jalin komunikasi yang baik dengan anak

Alasan lain mengapa anak menjadi kecanduan gadget biasanya karena kurangnya komunikasi antara anak dan orang tua. Untuk itu, sebagai orangtua generasi milenial, Klian harus bisa meluangkan waktu untuk berbincang dengan anak. Tanyakan padanya apa saja yang ia lakukan hari ini. Bunda juga bisa merespon dengan antusias ketika anak bercerita, hal ini dapat membangkitkan semangat anak dan merasa dihargai. Jadilah orang tua sekaligus teman yang baik untuk anak. Sebab pendengar yang baik adalah kunci menghilangkan kesepian dan menjaga komunikasi baik antara anak dan orang tua.

4. Memberi tahu bahaya penggunaan gadget yang berlebih

Meski gadget memiliki peran dalam perkembangan buah hati, namun tak ada salahnya Bunda memberi tahu anak mengenai risiko penggunaan gadget berlebih. Jelaskan pada anak bahwa kecanduan gadget akan berisiko terjadinya sakit mata jika ia lebih sering duduk untuk menatap gadget-nya dan jarang bermain ke luar rumah. Selain itu, Bunda juga bisa menjelaskan bahwa penggunaan gadget dan internet menjadi tempat yang berbahaya, terlebih saat ia bermain media sosial. Bunda bisa membahas kejahatan di media sosial bersama anak, ajarkan juga cara menghindari masalah tersebut agar anak tidak merasa bingung ya, Setelah itu, pastikan anak tetap merasa aman dan tidak jadi khawatir berlebihan.

Jadi itulah tips agar anak kalian tidak bermain gadget, mungkin untuk bunda yang tidak ingin anaknya memainkan gadget, bunda bisa mencoba tips diatas.