Tips Ampuh Menyamarkan Stretch Mark Dengan Mudah

Stretch mark adalah salah satu kondisi kulit yang umum dan sebenarnya wajar. Kondisi kulit ini bisa muncul pada wanita setelah melahirkan, pada orang yang kelebihan berat badan atau pada anak remaja yang memasuki masa pubertas.

Tips Ampuh Menyamarkan Stretch Mark Dengan Mudah

Stretch mark adalah salah satu kondisi kulit yang umum dan sebenarnya wajar. Kondisi kulit ini bisa muncul pada wanita setelah melahirkan, pada orang yang kelebihan berat badan atau pada anak remaja yang memasuki masa pubertas. Oleh karena dianggap mengganggu penampilan, banyak orang berusaha untuk menghilangkan stretch mark yang dimilikinya. Sayangnya, kondisi kulit ini tidak bisa dihilangkan sepenuhnya. Namun, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menyamarkannya. 

Apa Itu Stretch Mark?

Menurut spesialis kulit dan kelamin, dr. Angeline Dewi, Sp.KK, stretch mark adalah munculnya kerutan-kerutan pada kulit yang umumnya terjadi pada bagian tubuh dengan konsentrasi lemak yang tinggi. Contohnya, pada perut, paha, pantat, maupun lengan atas. Pada awalnya, stretch mark berwarna merah atau merah muda, atau bisa juga berwarna ungu, yang kemudian berubah menjadi warna putih atau kelabu sesuai kulit kamu.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan terjadinya stretch mark

  • Pertama, peningkatan berat badan yang signifikan. 
  • Kedua, kehamilan yang bisa menyebabkan peregangan pada kulit di perut. 
  • Ketiga, penggunaan suplemen atau obat-obatan glukokortikoid yang tidak tepat atau berlebihan. 
  • Keempat, terjadinya perubahan dan perkembangan pesat pada tubuh dan kulit pada masa pubertas. 
  • Kelima, kelainan genetik, seperti marfan syndrome dan cushing syndrome.

Tips Ampuh Menyamarkannya :

1. Kamuflase dengan Kosmetik

Alih-alih menggunakan concealer atau alas bedak yang diformulasikan untuk wajah, sebaiknya gunakan makeup untuk tubuh dengan full coverage. Produk makeup tersebut biasanya memiliki formula yang dirancang untuk menutupi berbagai hal yang muncul di tubuh, mulai dari tato hingga stretch mark. Pilihlah produk yang mengandung SPF dan bisa menghidrasi kulit. 

Cara mengaplikasikannya juga cukup mudah, kamu hanya tinggal mengoleskannya dan meratakannya dengan menggunakan spons. Hasilnya, stretch mark kamu akan hilang untuk sementara dan kulit tampak mulus.

2. Gunakan krim yang diresepkan oleh dokter

Untuk menghilangkan stretch mark, dokter biasanya akan meresepkan krim yang mengandung bahan asam hialuronat atau tretinoin. Kedua bahan ini tampaknya efektif untuk menghilangkan kerutan-kerutan pada kulit tersebut.

Dalam dua penelitian besar, mengoleskan krim asam hialuronat ke stretch mark sedini mungkin bisa menyamarkan kerutan tersebut. Tretinoin yang merupakan retinoid juga bisa menyamarkan stretch mark bila diaplikasikan pada awal kemunculannya. Dalam sebuah penelitian, orang yang mengoleskan krim resep ini setiap malam selama 24 minggu memiliki stretch mark yang kurang terlihat. Selain itu, retinol, jenis retinoid lain juga bisa membantu memudarkan kerutan pada kulit ini.

Ingat, bila kamu sedang hamil atau menyusui, bicarakan dulu pada dokter sebelum menggunakan krim untuk menghilangkan stretch mark. Pasalnya, kandungan seperti retinol bisa membahayakan bayi kamu.

3. Menggunakan Terapi Laser

Pada prosedur terapi laser untuk menghilangkan stretch mark, sinar cahaya terkonsentrasi akan diarahkan pada kerutan-kerutan pada kulit tersebut, merangsang pertumbuhan baru, dan menghaluskan bekas luka.

4. Chemical Peeling

Chemical peeling adalah jenis perawatan kulit yang dilakukan dengan cara menerapkan larutan asam untuk membakar lapisan permukaan kulit. Proses ini akan menghilangkan sel-sel kulit mati dan rusak, serta mendorong regenerasi kulit. Chemical peeling biasanya digunakan untuk memperbaiki masalah kulit, seperti bintik-bintik penuaan, kerusakan akibat sinar matahari, bekas jerawat, dan stretch mark.

5. Micro needling dengan PRP

Perawatan microneedling dilakukan dengan perangkat mekanis dengan kartrid berisi serangkaian jarum kecil yang menembus lapisan atas kulit. Ketika dikombinasikan dengan Platelet Rich Plasma (PRP), keduanya bekerja sama untuk mengurangi stretch mark dengan cepat.

Itulah beberapa tips ampuh untuk menyamarkan stretch mark.