Tips Cara Mengatasi Kulit Wajah Yang Berminyak !!!

kulit wajah berminyak kadang membuat kita tidak percaya diri. Selain ketika berswafoto akan terlihat mengkilap, dengan perawatan yang salah, kulit wajah yang berminyak malahan akan menimbulkan jerawat serta wajah yang kusam

Tips Cara Mengatasi Kulit Wajah Yang Berminyak !!!

Kulit wajah sehat, cerah dan cerah adalah impian setiap orang baik laki-laki maupun wanita. Banyak cara yang dilakukan agar wajah menjadi terlihat lebih sempurna.

Namun tak jarang masalah bagi wajah datang membuat kita sangat kesal. Tidak hanya soal jerawat ataupun komedo, kondisi kulit wajah juga patut menjadi perhatian bagi kita. Karena untuk mendapatkan perawatan kulit yang maksimal, kita perlu memahami tipe kulit wajah dan menyesuaikannya dengan kondisi kulit.

Kulit yang terlalu kering membuat wajah terlihat tidak sehat dan memberikan efek keriput serta staf. Kulit yang menghasilkan minyak berlebih atau berminyak juga membuat riasan kita tidak tahan lama. Wajah terlihat lebih kusam.

Kulit berminyak memang menjadi masalah yang harus kita tanggapi. Bila tidak kita atasi dengan tepat maka bukan kulit wajah yang sempurna yang kita dukung, tetapi sebaliknya. Jika minyak berlebih bercampur dengan kotoran atau polusi udara dan tidak kita bersihkan, maka akan menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Namun khawatir khawatir bagi pemilik kulit wajah yang berminyak. Karena ternyata kulit berminyak dapat kita atasi secara alami, dan mudah dilakukan di rumah. Tidak perlu merogoh kocek kantong kita dengan jumlah besar.

Berikut 5 Cara Mengatasi Kulit Wajah Yang Berminyak:

1. Rutinitas muka

Jika Anda memiliki jenis kulit berminyak, mencuci muka secara rutin dapat mencari salah satu cara mengatasi wajah berminyak. Anda bisa mencuci muka saat pagi dan sore hari, serta setelah berolahraga. Hindari sabun cuci muka dengan wewangian, alkohol, dan kandungan yang terlalu kuat karena bisa membuat kulit kering dan menyebabkan iritasi. Akibatnya, kulit jadi lebih banyak memproduksi sebum.

Sebagai gantinya, gunakan sabun cuci muka dengan kandungan yang lembut, ya. Anda bisa mencuci muka maksimal 2 kali sehari. Caranya, mulailah membilas wajah dengan air hangat. Lalu, gunakan sabun pembersih wajah seraya memijat muka perlahan. Selanjutnya, bilas wajah kembali dengan air hangat. 

2. Keringkan wajah dengan benar

Setelah mencuci muka, keringkan wajah Anda dengan cara menepuk-nepuk kulit menggunakan handuk lembut. Sebisa mungkin jangan gunakan handuk di wajah dengan gerakan menarik atau menggunakan kain yang kasar.Sebab, bisa mendorong kulit untuk memproduksi lebih banyak sebum sehingga wajah menjadi semakin berminyak. 

3. Lidah buaya

Dalam lidah buaya terdapat zat aloesin yaitu zat yang dapat menghambat pembentukan melanin, zat yang membuat wajah menjadi gelap. Vitamin yang banyak terdapat pada lidah buaya seperti vitamin A, C dan E merupakan antioksidan yang mampu menangkal serangan radikal bebas akibat paparan asap dan polusi udara pada wajah.

Caranya cukup oleskan gel lidah buaya pada wajah secara merata seperti masker, diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas wajah hingga bersih. Lakukan secara rutin setiap hari, namun hindari terlalu lama ketika memakainya pada wajah.

4. Lemon

Kaya akan kandungan vitamin C, membuat buah lemon ampuh mengatasi minyak berlebih. Vitamin C dikenal mampu membersihkan minyak dan menghilangkan bintik merah pada kulit. Vitamin C juga mampu melindungi kulit dari radikal bebas.

Caranya cukup peras 1 buah lemon, ambil airnya kemudian oleskan pada daerah wajah secara merata. Tunggu 10-15 menit sampai wajah terasa lebih kering lalu bilas dengan air bersih.

5. Gunakan blotting paper (kertas minyak)

Cara mengatasi kulit berminyak saat beraktivitas di siang hari adalah menggunakan  blotting paper  atau kertas minyak. Ini berfungsi untuk menyerap minyak dari kulit. Kertas minyak memang tidak dapat mengontrol produksi sebum pada kulit. Namun, penggunaan kertas minyak bertujuan untuk mengangkat minyak berlebih dari kulit sepanjang hari agar kulit wajah Anda terlihat kurang mengkilap.