Tips Lulus Sidang Skripsi Bagi Kamu Yang Sedang Merasakan

Sidang skrrpsi adalah hal yang menakutkan bagi mahasiswa tingkat akhir....

Tips Lulus Sidang Skripsi Bagi Kamu Yang Sedang Merasakan

Sidang skrrpsi adalah hal yang menakutkan bagi mahasiswa tingkat akhir. Mau tidak mau sidang itu harus tetap dijalani sebagai syarat kelulusan dari perguruan tinggi. Maka dari itu, mahasiswa tingkat akhir harus memastikan bahwa sidang yang dia hadapi harus berjalan dengan baik agar tidak menimbulkan kesulitan nantinya.

Berikut adalah beberapa tips untuk mahasiswa tingkat akhir agar dapat melewati sidang skripsi dengan mulus :

1. Ketahui Karakteristik Dosen Penguji

Agar sidang skripsi berjalan dengan mulus, kenali terlebih dahulu karakteristik dosen penguji. Hal ini dilakukan untuk menyusun strategi saat sidang berjalan. Sebagai contoh, jika mengetahui bahwa dosen memiliki ketertarikan pada sudut pandang tertentu, mahasiswa dapat menyiapkan materi lebih pada sudut pandang tersebut. Sekalipun dosen penguji tersebut dikenal killer, jika sudah tau cara menghadapinya, sidang pun akan berjalan dengan lancar.

2. Berpenampilan Sopan

Satu kriteria yang dinilai dari mahasiswa yang disidang adalah soal penampilan. Biasanya, syarat dan ketentuan sidang mengharuskan peserta sidang berpakaian rapi. Hal ini dilakukan untuk menghargai jalannya kegiatan akademik. Terkadang, ada saja dosen pembimbing yang tidak mau menguji karena penampilan peserta sidangnya kurang memadai. Oleh karena itu, untuk menghindari masalah yang tidak penting, gunakanlah pakaian yang sopan dan rapi sesuai ketentuan.

3. Latihan Persentasi

Bagi mahasiswa yang memiliki masalah dalam hal berbicara di depan orang, ada baiknya untuk menyengajakan diri berlatih terlebih dahulu, paling tidak di depan cermin. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kesalahan pengucapan saat sidang nanti. Hal ini bisa dilakukan dengan cara membuat terlebih dahulu poin-poin yang akan disampaikan, lalu mencoba menguraikannya satu persatu sambil membayangkan situasi sidang yang sedang berlangsung.

4. Tampil Percaya Diri

Penampilan meyakinkan di depan penguji paling tidak akan memberikan kesan bahwa peserta sidang telah siap diuji. Tampil dengan tidak meyakinkan bisa menjadi celah untuk para penguji mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang tidak terduga. Jadi, apapun yang terjadi, meskipun dalam keadaan bingung, tetap paksakan diri untuk terlihat percaya diri.

5. Jangan Memotong Pembicaraan

Memotong pembicaraan adalah hal yang tidak sopan. Hal ini bisa menjadi nilai minus dari keseluruhan nilai sidang tersebut. Jika penguji sedang mengajukan pertanyaan, atau pembimbing sedang menerangkan sesuatu, jangan sekali-kali memotong pembicaraan mereka. Biarkan pembimbing atau penguji menjelaskan terlebih dahulu apa yang mereka maksud, lalu peserta sidang dapat menjawab atau memberi tanggapan dengan tenang dan tidak terburu-buru.

Sidang skripsi memang menegangkan. Tetapi mau tidak mau, hal ini harus dijalani oleh setiap mahasiswa. Jika lulus dalam sidang skripsi, berarti mahasiswa tersebut dianggap layak untuk menjadi ahli dalam bidang yang dia tekuni. Jadi, pastikan agar sidang berjalan dengan baik.