Tips Memanfaatkan TikTok untuk Promosi Bisnis

Tips Memanfaatkan TikTok untuk Promosi Bisnis

Apakah Facebook, Instagram, atau Twitter mulai terasa membosankan? Mungkin 2020 adalah momen yang pas untuk beralih ke TikTok. Why not? Walau mulanya dianggap “aplikasi alay”, TikTok menjelma sebagai pesaing baru di medium berbagi video daring.

Menukil informasi dari banyak media terpercaya, TikTok telah diunduh 740 juta kali sepanjang tahun 2019. Aplikasi besutan Bytedance itu juga berhasil menyalip Facebook dan Messenger di Q4 tahun lalu.

Tahu kan prinsip dagang “kalau ada gula, pasti ada semut”? So, kenapa nggak memanfaatkan aplikasi TikTok untuk promosi bisnis atau usahamu? Selagi banyak orang yang pakai, nggak ada salahnya menjalin engagement di TikTok sekaligus menjaring market?

Berikut tips and tricks memaksimalkan jejaring TikTok untuk keperluan bisnismu. Voila!

Susun ide dan eksekusi

Sumber: Youtube.com

Hampir mirip dengan YouTube, untuk membuat video yang berkualitas kamu perlu memikirkan konten dengan matang. Coba cek, deh, konten di media sosial mana pun yang viral. Kalau nggak bermanfaat banget ya kocak banget!

Nggak perlu alat mahal-mahal, cuma pakai smartphone kamu bisa, lho, bikin video TikTok yang kece atau bodor banget. Yang terpenting itu isinya. Misalkan, kamu bisnis clothing atau fashion. Bikin aja konten video kamu lagi pakai aksesoris jualanmu? Barangmu laku, exposure dapet, terus kamu terkenal karena jadi model. Mengutip video cooking recipe 90an, mudah bukan?

Riding the wave

Enaknya TikTok, banyak banget challenge yang viral. Jadi kamu tinggal pilih pengen riding the wave lewat challenge yang mana. Di TikTok kamu juga bisa memilih banyak filter unyu dan menarik. Nah, kalau udah dibikin, jangan lupa kasih hashtag yang berkesinambungan sama challenge-nya. Sama kan kayak media sosial kebanyakan?

Tag location

Nggak cuma sekadar tempat nongkrong atau ngobrol cantik, cafe atau coffee shop udah lazim dijadikan tempat foto-foto. Jika berniat bisnis tempat ngopi, coba desain spotmu semenarik mungkin.

Lumayan kan buat konten medsos termasuk TikTok. Bisa kali kamu dance bareng barista atau temen-temenmu. Terus share location coffee shop kamu di TikTok. Hitung-hitung promosi, sob.

Maksimalkan TikTok Ads

Sebelum menggunakan TikTok Ads, pastikan kamu mengenal market jualanmu. Rata-rata pengguna TikTok berusia 16-28 tahun. Kalau produkmu menyasar anak SMA, kuliah, atau fresh graduate, fitur TikTok Ads bisa kamu manfaatin, nih!

Kamu bisa membuat akun TikTok Ads, dan langsung bikin campaign di bagian dashboard. Kalau budget terbatas, kamu bisa memanfaatkan Infeed Native Content. Infeed Native Content ini TikTok Ads yang paling simpel.

Nantinya iklanmu akan mirip Instagram Ads di Instagram Story. Infeed Native Content akan mengarahkan user ke website perusahaanmu.

Untuk membuat video TikTok yang kece, dibutuhkan kamera selfie smartphone yang mumpuni. Butuh smartphone selfie dengan spesifikasi ngebut? Cek Eraspace.com aja!

Mau belanja gadget tapi untung terus? Daftarkan dirimu di member Eraclub. Enaknya jadi member, kamu bisa dapet penawaran menarik untuk belanja gadget.

Dapatkan juga poin loyalty setiap belanja gadget Erafone, Urban Republic, dan iBox. Poin bisa kamu gunakan juga belanja gadget di iBox, Erafone, dan Urban Republic. Dapetin juga kesempatan promo spesial cashback atau bonus lain saat menjadi member Eraclub.

Belanja gadget di Eraspace.com barang orisinal, harga bersaing, dan pastinya bergaransi!