Tips Membangun Komunikasi Yang Efektif

Berkomunikasi dengan orang lain merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan setiap manusia. Komunikasi sendiri merupakan suatu proses atau kegiatan penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain untuk mencapai tujuan tertentu.

Tips Membangun Komunikasi Yang Efektif

Berkomunikasi dengan orang lain merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan setiap manusia. Komunikasi sendiri merupakan suatu proses atau kegiatan penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain untuk mencapai tujuan tertentu. Tanpa adanya komunikasi, manusia tidak dapat membangun interkasi dan hubungan dengan orang lain. Fungsi komunikasi sendiri adalah untuk membangun diri kita sendiri dan juga orang lain.

Melalui interaksi dengan orang lain kita akan merasa diakui dikehidupan sosial, merasa bahagia, menyampaikan perasaan dan mengenal siapa sesungguhnya diri kita. Melalui komunikasi kita juga dapat memberikan informasi, mengajar, mencapai tujuan bersama, dan lain sebagainya. Namun banyak orang yang belum dapat berkomunikasi dengan baik dan efektif. Keterampilan komunikasi yang kurang baik dapat merusak suatu hubungan. Ada juga beberapa orang yang sulit untuk berkomunikasi dengan orang lain karena tidak mudah bergaul dan kurang percaya diri.

Berikut ini saya akan ngasih tips untuk anda, bagaimana caranya membangun komunikasi yang efektif dan benar, Yuk simak ulasan berikut ini :

1. Menghargai Orang yang Sedang Berbicara dengan Anda

Berdasarkan penelitian bahwa ketika tiap orang sedang mendapatkan informasi maka setidaknya membutuhkan waktu kira-kira 8 detik untuk mencernanya sebelum diabaikan akibat munculnya informasi yang baru. Untuk menciptakan informasi yang efektif dan membuat orang lain mengingat informasi tersebut lebih lama lagi pada saat sedang membicarakan topik tertentu, cobalah untuk menghargai lawan bicara Anda sebab terkadang mereka dapat lebih memahami hal yang belum kita ketahui sebelumnya. Mulailah menghargai mereka dengan cara menyapanya terlebih dahulu, selain itu jangan terlalu sering membuka smartphone Anda pada saat pembicaraan sedang berlangsung. 

2. Jangan memotong pembicaraan

Saat seseorang sedang bicara, jangan memotong pembicaraannya. Tunggu sampai dia selesai barulah anda memberikan sanggahan atau tanggapan. Memotong pembicaraan dapat merubah suasana.

3. Membentuk Keselarasan dalam Komunikasi

Suatu pembicaraan akan menjadi sia-sia apabila tidak terdapat keselarasan di antara orang-orang yang melakukannya. Sebab tujuan dari komunikasi yang baik yaitu agar dapat membuat suatu hubungan bisa menjadi lebih erat bukan justru malah membuat kecekcokan. Apabila Anda dapat menciptakan suasana komunikasi yang nyaman tanpa menimbulkan rasa ketegangan maka bukan hanya bisa mencapai suatu keselarasan namun bisa lebih dari itu misalnya Anda dapat lebih bisa di percaya oleh lawan bicara Anda.

4. Percaya Diri Saat Berbicara

Saat Anda sedang berbicara, Anda pasti ingin pesan Anda dimengerti oleh orang lain. Makanya, Anda harus melakukannya dengan sikap yang percaya diri agar orang lain menaruh perhatian pada Anda. Kepercayaan diri Anda akan membuat orang tertarik mendengarkan kata demi kata yang Anda sampaikan. Sehingga pesan Anda pun akan bisa diterima dengan baik.

5. Berikan Kritik dan Saran

Kritik dan saran adalah bagian dari komunikasi. Mungkin akan sulit diterima oleh orang lain, tapi Anda perlu menyampaikan tanggapan yang dapat membangun orang lain. Begitu juga saat Anda dikritik, Anda harus belajar berbesar hati. Sebab kritik dan saran akan diperlukan untuk memperbaiki kekurangan yang ada pada diri Anda sendiri maupun di dalam bisnis Anda.

Nah itu dia tips 5 cara berkomunikasi dengan efektif, jika kamu saat berbicara dengan orang penting sebaiknya kamu coba cara diatas.