Tips Membangun Percaya Diri Terhadap Diri Kamu

Kepercayaan diri adalah sesuatu yang dapat kamu pelajari untuk membangun sosialisasi di lingkungan secara umum bahkan di dalam kehidupan bisnis

Tips Membangun Percaya Diri Terhadap Diri Kamu

Apakah kamu tahu bahwa kepercayaan diri adalah penilaian kita terhadap diri sendiri dan kemampuan yang kita miliki. Kepercayaan diri adalah sesuatu yang dapat kamu pelajari untuk membangun sosialisasi di lingkungan secara umum bahkan di dalam kehidupan bisnis.

Setiap orang kadang-kadang memiliki keraguan tentang diri sendiri, sehingga membuat merasa tidak aman, nyaman, bahkan tidak termotivasi. Membangun kepercayaan memerlukan waktu, ada yang bisa cepat ada juga yang lambat tergantung dari individu dan lingkungan sekitar.

Beberapa hal dapat mempengaruhi kamu dalam menilai diri sendiri seperti sikap yang tertutup, terlalu mendengarkan pendapat orang lain, atau juga merasa kesepian. Namun, ada banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri kamu lho!

Berikut ini saya akan memberikan tips bagaimana caranya membangun percaya diri dengan benar :

1. Berpikir positif

Penting untuk punya pikiran positif sehari-hari. Pikiran yang baik dan positif akan membawa Anda pada tingkat kepercayaan diri yang maksimal. Jauhi pikiran-pikiran negatif atau kecemasan soal komentar orang lain. Usahakan juga untuk berada di dalam lingkungan orang-orang positif yang saling mendukung.

2. Terimalah Kekurangan Diri

Ingatlah, di dunia ini tidak ada yang sempurna. Sebagai salah satu upaya meningkatkan atau mempertahankan rasa percaya diri, tak ada salahnya menerima kekurangan diri terlebih dulu. Dengan menerima kekurangan dan bersikap kooperatif, pada akhirnya Anda akan tetap percaya diri untuk terus mengembangkan pengetahuan yang dimiliki. Ketika Anda bisa bekerja sama dengan orang lain, akan banyak pula orang yang mendukung. Hal itu tentu bisa menambah sikap optimistis dalam diri.

3. Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Pertama, tanamkan dalam diri Anda, bahwa hidup bukanlah sebuah kompetisi. Anda mungkin sering merasa kalah dari pencapaian rekan Anda, iri saat mendengar gaji sahabat lebih tinggi, atau merasa tidak percaya diri karena fisik orang lain menurut Anda lebih baik. Membandingkan diri dengan orang lain, kerap membuat Anda iri, dan perilaku tersebut bukanlah hal yang sehat. Apabila sewaktu-waktu pikiran tersebut terbesit di benak Anda, ingatkan diri sendiri, bahwa hal tersebut merupakan perilaku yang sia-sia.

4. Fokus pada langkah atau perubahan kecil

Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, membangun rasa percaya diri tidak bisa dilakukan dalam sekejap. Oleh karena itu, pahami bahwa Anda perlu menghargai setiap proses atau perubahan kecil yang berhasil diraih dan dilakukan. Jangan berkecil hati jika keadaan tidak membaik secepat yang dibayangkan. Mungkin saat ini Anda masih merasa kurang percaya diri, tapi langkah atau perubahan kecil yang dilakukan sekarang pada akhirnya akan tumbuh menjadi perubahan yang besar dan membuat Anda terus maju dan berkembang.

5. Fokus pada hal-hal yang Anda sukai

Rasa percaya diri bisa ditingkatkan dengan menghindari hal yang membuat Anda stres. Anda bisa membangun kepercayaan diri dengan melakukan hal-hal yang Anda suka. Maka, cobalah untuk fokus pada hal-hal yang memang Anda sukai. Tinggalkan pekerjaan yang membuat Anda tidak bahagia dan kejarlah karier yang memang menjadi impian Anda.

6. Percaya dengan Diri Sendiri

Mendengarkan masukan dari orang-orang yang ada di sekeliling memang diperlukan. Namun, jangan sampai masukan yang disampaikan membuat keinginan atau tujuan kamu berubah. Jika kamu membutuhkan masukan yang tepat, tidak ada salahnya pastikan kamu menerima saran dari orang yang tepat. Jangan lupa untuk selalu percaya terhadap diri sendiri agar kamu bisa mencapai tujuan yang diinginkan.

7. Menerapkan self-compassion

Istilah self-compassion merujuk pada pemahaman untuk diri sendiri, tatkala dilanda momen yang tidak mengenakkan. Misalnya, saat Anda diliputi kegagalan atau membuat kesalahan, yang sering menurunkan rasa percaya diri. Dengan menerapkan self-compassion, pahami bahwa diri Anda adalah manusia yang seutuhnya. Mengalami kegagalan dan melakukan kesalahan, amatlah manusiawi. Tak ada salahnya Anda untuk berbicara pada diri sendiri atau menertawakan diri sendiri, saat mengalami suatu kejadian tidak mengenakkan.