Tips Membangun Personal Branding Dengan Benar !!!

Personal branding telah menjadi penting setiap harinya. Setiap orang secara sadar dan tidak sadar melakukan personal branding terutama di dunia digital. Namun, tidak semua orang melakukan personal branding secara efektif. Artikel ini akan memberikan tips bagaimana membuat personal branding yang kuat.

Tips Membangun Personal Branding Dengan Benar !!!
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

Personal branding adalah kualitas-kualitas yang diasosiasikan kepada seseorang, misalnya kita bisa digambarkan sebagai sesorang yang introvert, ekstrovert, pemikir, karismatik, sederhana, rumit, santai, profesional, dan lain-lain. Personal branding juga membuat orang lain memprediksi bagaimana kita bereaksi terhadap siuasi yang menimpa kita.

Semua usaha personal branding seseorang dilakukan sendiri secara sadar dan terkonsep dengan jelas. Pada intinya, personal branding adalah kualitas-kualitas yang Anda proyeksikan untuk orang lain lihat atau pahami mengenai Anda.

Agar lebih terukur, Anda bisa memahami terlebih dahulu tingkat kedekatan dalam tentang bagaimana orang lain mengenal Anda melalui personal branding.

Berikut inilah Tips Membangun Personal Branding :

1. Belajar untuk Berbicara di Depan Umum

Berbicaralah mengenai keahlian yang kamu punya. Tunjukkan bahwa kamu benar-benar memahami apa yang kamu katakan. Tunjukkan bahwa kamu percaya diri.

Beberapa orang akan mengkritik atau merasa tidak setuju dengan kamu. Bukan masalah, yang terpenting adalah selalu terbuka terhadap setiap respon orang lain pada kamu. Berterima kasihlah kepada mereka yang membagi pandangannya terhadap kamu dan jika kamu merasa poin-poin yang mereka sampaikan ada benarnya, bercerminlah dan berusaha untuk semakin berkembang dan lakukan dengan lebih baik lagi dikesempatan berikutnya.

2. Bangun Keberadaan Anda Secara Online

Apakah kamu memiliki sebuah website profesional? Salah satu cara yang bagus untuk bisa ditemukan secara online adalah dengan membangun website. Hal ini akan memberikan kamu kontrol lebih, terhadap keberadaanmu secara online. Sangat baik bila Anda bisa memberikan konten-konten terbaru dalam website personalmu. Apalagi saat ini harga domain dan hosting semakin murah, jadi tidak ada salahnya untuk membangun web personalmu. Selain itu, cobalah untuk mencari diri kamu di mesin pencari dan perhatikan bagaimana diri Anda terlihat di mesin pencari tersebut.

3. Selalu Belajar Hal Baru

Tidak peduli seberapa ahli kamu dalam suatu bidang saat ini, sangatlah bijak untuk mengingat bahwa segala hal saat ini selalu berubah dengan cepat sekali, lebih cepat dari yang kita kira. Mak dari itu, perlu memperbarui pengetahuan kamu terhadap bidang atau industri yang sedang ditekuni. Sangat penting juga untuk bisa mengikuti perubahan tren yang begitu cepat.

Saat kamu mulai menajamkan personal brandmu sendiri, berbagai kesempatan baru akan datang kepadamu. Orang-orang akan mulai melihat bahwa kamu memang paham dengan apa yang kamu katakan. Terbukalah tentang kelemahan dirimu. Hal ini akan semakin menunjukkan bahwa kamu adalah sosok yang manusiawi, sama seperti yang lain. Tapi kamu berbeda karena kamu punya sesuatu.

4. Pahami Dengan Benar Diri Kamu Sendiri

Bayangkan jika kamu harus membangun sebuah persona atau penampilan dan karakter diri yang palsu. Kamu harus berlaku, bercakap, dan berpenampilan yang sangat berbeda dengan jati diri kamu. Mungkin beberapa orang akan memberikan sugesti bahwa membangun personal branding adalah dengan membangun apa yang ingin dilihat oleh orang lain. Hal ini bisa saja Kulinas lakukan, tetapi dalam jangka panjang akan melelahkan sekali bagi diri kamu sendiri.