Tips Membangun Rasa Percaya Diri Kamu !!!

Perlu diketahui, bahwa rendahnya kepercayaan diri dan gangguan mental sangat erat kaitannya. Pasalnya, dalam beberapa kasus, harga diri yang rendah itu sendiri merupakan ciri utama dari beberapa kondisi gangguan jiwa, misalnya depresi atau borderline personality disorder.

Tips Membangun Rasa Percaya Diri Kamu !!!
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

Semua orang butuh rasa percaya diri agar mantap melangkah, mengambil keputusan, dan bertindak di depan umum. Kepercayaan diri harus terus dipupuk dengan cara selalu berpikir positif bahwa Anda dapat melakukannya. Bagaimanakah caranya?

Berikut ini 6 cara meningkatkan rasa percaya diri untuk membentuk karakter pribadi yang lebih tangguh dan tahan banting :

1. Jangan Takut Mengambil Tantangan

Hadapi Semua Tantangan Jangan takut mengambil banyak tantangan. Makin sering gagal, makin banyak pengalaman diperoleh. Jadikan kegagalan sebagai pelecut semangat untuk kembali bangkit dan mengumpulkan rasa percaya diri. Oleh karena itu, mulai ikuti beragam kegiatan menantang, entah dalam karir atau pun kehidupan sosial.

2. Perbaiki Postur Tubuh

Benahi Postur Tubuh Anda

Seseorang dengan tingkat kepercayaan diri rendah kerap memperlihatkan postur tubuh tak sedap dipandang. Oleh karena itu, mulai sekarang perbaiki postur tubuh dan juga cara berjalan anda sambil kepala menatap ke depan, badan tegap dan dada busung. Postur tubuh sempurna merupakan cara cepat untuk mendongkrak rasa percaya diri.

3. Berpikir positif

Penting untuk punya pikiran positif sehari-hari. Pikiran yang baik dan positif akan membawa Anda pada tingkat kepercayaan diri yang maksimal. Jauhi pikiran-pikiran negatif atau kecemasan soal komentar orang lain. Usahakan juga untuk berada di dalam lingkungan orang-orang positif yang saling mendukung.

4. Fokus pada hal-hal yang Anda sukai

Rasa percaya diri bisa ditingkatkan dengan menghindari hal yang membuat Anda stres. Anda bisa membangun kepercayaan diri dengan melakukan hal-hal yang Anda suka. Maka, cobalah untuk fokus pada hal-hal yang memang Anda sukai. Tinggalkan pekerjaan yang membuat Anda tidak bahagia dan kejarlah karier yang memang menjadi impian Anda.

5. Coba tersenyum dan ramah pada orang lain

Siapa yang tidak suka diperlakukan dengan baik oleh orang lain? Nah, jika Anda ingin diperlakukan dengan baik, Anda juga harus melakukannya. Cobalah untuk senyum dan menyapa orang-orang di sekitar lingkungan Anda. Senyum dan keramahan yang ikhlas bisa “menular”. Senyuman juga bisa membuat seseorang menjadi lebih percaya diri terhadap lingkungan sekitarnya.

6. Belajar memaafkan diri sendiri dan orang lain

Setiap orang pernah melakukan kesalahan. Namun, bila Anda terus-terusan menyesali kesalahan dan tidak bisa move on, Anda akan terus dihantui olehnya dan selalu merasa minder. Maka, belajarlah untuk memaafkan diri Anda sendiri atau orang lain yang pernah menyakiti Anda. Dengan begitu, Anda bisa fokus menata masa depan dengan lebih percaya diri.