Tips Memilih Media Sosial untuk Bisnis

Media sosial telah menjadi salah satu alat pemasaran yang paling efektif untuk meningkatkan kesadaran merek .

Tips Memilih Media Sosial untuk Bisnis

Media sosial telah menjadi salah satu alat pemasaran yang paling efektif untuk meningkatkan kesadaran merek . Dalam laporan Sprout Social  88% marketer menyebut jika strategi media sosial yang tepat memengaruhi penjualan produk. Lebih jauh, 90% pemasar lainnya setuju bahwa media sosial dapat membantu merek lebih menonjol daripada pesaingnya. Saat ini sudah ada banyak jenis platform media sosial yang tersedia. Namun, justru menimbulkan kebingungan bagi pemasar untuk memilih mana media sosial yang paling tepat untuk bisnisnya.

Saya akan menjelaskan apa saja pertimbangan dalam memilih media sosial yang tepat untuk bisnis. Yuk Simak Penjelasan Berikut !

1. Tetapkan tujuan

Setiap media sosial kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tidak semua jenis media sosial akan sesuai dengan tujuan bisnismu. Jadi, sebelum memilih platform media sosial yang tepat untuk bisnis, sebaiknya tetapkan tujuan terlebih dahulu.

Pahami apa yang ingin Anda dapatkan dari penggunaan media sosial. Beberapa contoh tujuan, misalnya:

  • meningkatkan kesadaran merek
  • menghasilkan prospek baru
  • tingkatkan interaksi dengan audiens
  • menjangkau audiens baru
  • menyediakan layanan untuk pelanggan

Dengan mengetahui tujuan utama yang ingin dicapai, tentu akan lebih mudah dalam mempersempit media sosial yang akan digunakan.

2. Cari tahu apa media sosial yang digunakan oleh pelanggan

Agar upaya pemasaran melalui media sosial dapat dilakukan dengan efektif, tentu merek harus tahu platform apa yang paling sering digunakan oleh audiensnya. Itulah mengapa, perlu dilakukan terlebih dahulu untuk mengetahui persona audiens. Dengan mengetahui jenis kelamin, demografi, dan minat mereka, akan lebih mudah untuk mengetahui jenis media sosial yang digunakannya. Selain itu, menurut Digital Marketing Institute kamu bisa mencoba melakukan riset konsumen untuk mengetahui apa media sosial favorit mereka.

3. Pahami jenis-jenis konten yang akan digunakan

Sebelum menentukan mana media sosial yang cocok untuk bisnis, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu jenis-jenis kontennya. Maka, kamu harus mencari tahu dulu perbedaan dari setiap jenis konten yang akan di posting di media sosial.

Berikut ini beberapa jenis konten yang umum digunakan untuk media sosial:

  • video
  • gambar
  • teks
  • cerita
  • video langsung

Dari beberapa jenis konten di atas, tidak semua sesuai digunakan di setiap platform media sosial. Misalnya, untuk Instagram lebih cocok membuat konten berupa gambar atau video pendek. Sementara itu, untuk Twitter lebih ke konten cerita yang berupa tulisan.

4. Sesuaikan dengan jenis bisnismu

Media sosial seperti Instagram, Facebook, hingga YouTube memang sudah sangat populer dan memiliki banyak audiens. Namun, bukan berarti kamu bisa langsung memanfaatkannya sebagai pendukung strategi digital marketing bisnismu. pilih media sosial yang paling sesuai dengan industri dari bisnismu. Misalnya, bisnismu menyediakan jasa fotografi. Pastinya, media sosial seperti Instagram akan lebih cocok digunakan.

5. melakukan riset kompetitor

Riset juga perlu kamu lakukan jika ingin memilih media sosial yang cocok untuk bisnis. Selain itu, dari kompetitor, kamu juga bisa mempelajari seperti apa strategi yang diterapkannya.

Ada beberapa informasi yang bisa diambil dari melakukan riset kompetitor, misalnya:

  • Platform media sosial yang digunakan.
  • Apa yang berhasil dan tidak berhasil dari strategi media sosial yang mereka jalankan.
  • Keterlibatan audiens di setiap platform.

Riset yang hanya digunakan sebagai referensi dan bukan untuk ditiru sepenuhnya.