Tips Memilih Objek Untuk Fotografi Pemula Layaknya Fotografer Profesional !!!

Memilih angle foto yang keren adalah salah satu unsur yang akan menentukan apakah foto yang dihasilkan itu menarik atau tidak, Lebih baik kamu simak dulu deh artikel ini karena saya akan memberikan tips dalam hal memilih ojek untuk fotografi untuk pemula.

Tips Memilih Objek Untuk Fotografi Pemula Layaknya Fotografer Profesional !!!
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

Untuk menjadi fotografer profesional, dibutuhkan latihan bertahun-tahun. Tapi sebagai fotografer baru, Anda bisa belajar beberapa hal dapat meningkatkan kualitas foto Anda secara dramatis tanpa banyak usaha.

Berikut ini adalah hal-hal sederhana yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan kualitas foto layaknya profesional.

1. Temukan Objek Foto yang Menarik

Mencari objek foto yang menarik merupakan bagian yang paling sederhana dari fotografi. Bahkan non-fotografer pun bisa mengetahui objek foto mana yang lebih bagus daripada yang lain. Tapi sebaiknya Anda harus berhati-hati agar tidak terlalu terbawa dengan objek foto Anda. Jika Anda terlalu fokus dengan objek foto, Anda dapat dengan mudah melupakan elemen foto yang lain. Tangkap objek yang menarik, setelah itu perhatikan semua elemen foto dan hal lain yang perlu Anda harus perhatikan.

2. Komposisi Kreatif

Komposisi merupakan hal yang paling sulit untuk diajarkan dalam waktu singkat. Tetapi jika Anda sudah mempelajari komposisi, Anda dapat membuat perbedaan yang luar biasa. Bagi fotografer pemula, Anda bisa mulai belajar komposisi dengan mempelajari aturan sepertiga.

Aturan sepertiga adalah aturan komposisi paling mendasar yang pada dasarnya memberi tahu fotografer untuk membayangkan papan tic-tac-toe pada bingkai gambar. Fotografer kemudian menempatkan bagian paling menarik dari foto yang akan diambil pada perpotongan garis-garis tersebut.

3. Pilih Exposure yang Tepat

Exposure berarti tingkat kecerahan atau kegelapan foto. Exposure adalah salah satu teknik yang harus dipelajari fotografer pemula. Ada tiga cara untuk mengontrol eksposur foto: aperture, ISO, dan shutter speed.

Kamera digital biasanya bagus dalam menangkap exposure netral (automatic). Tapi faktanya exposure netral bukanlah yang terbaik. Misalnya, ketika memotret foto orang saat hari yang cerah, kamera akan otomatis membuat wajah orang itu gelap dan latar belakang menjadi terlalu terang. Exposure netral bekerja untuk mengekspos antara subjek foto atau latar belakang. Tapi sebagai fotografer, muka subjek lebih penting untuk jadi fokus Anda daripada latar belakang. Jadi Anda sebaiknya menaikkan exposure wajah dan membiarkan latar belakang untuk cerah.

4. Bird’s Eye View 

bird's eye view Memilih Angle Foto Yang Tepat Saat Memotret

Sudut pandang bird’s eye view akan menampilkan foto yang umumnya diambil dari atas atau lebih tinggi dari objek foto. Beberapa jenis foto yang menggunakan drone akan sangat menonjolkan ciri khas angle foto ini.

Beberapa kesan yang akan ditangkap dari foto jenis ini antara lain: area foto yang luas bahkan terkadang sangat luas, oleh karena itu angle foto ini banyak dipakai saat pemetaan ataupun untuk pengawasan suatu area.

Untuk mendapatkan angle foto ini kamu tak perlu untuk membeli drone yang harganya berjuta-juta. Cukup nangkring di atas dahan pohon pun, kamu sudah bisa mendapat sudut pandang semacam ini, Jika pengen yang lebih modern pun bisa, memotret dari atas gedung pencakar langit 15 lantai juga akan membawa kesan ini. Tapi jika kamu benar-benar ingin merasakan bagaimana sensasinya memotret dengan sudut pandang bird’s eye view ini, cobalah memotret dengan drone tadi dan kamu akan tahu perbedaannya.

5. Pencahayaan yang Menarik

Tata cahaya menjadi Aspek fotografi ini  biasanya diabaikan fotografer pemula, tetapi fotografer profesional sangat mementingkan hal ini. Pencahayaan adalah hal terpenting untuk membuat foto terlihat profesional.

Ada banyak cara untuk membuat foto memiliki pencahayaan yang lebih menarik. Anda bisa menempatkan model di tempat yang teduh dan menata cahaya ke muka model, atau membuat model memandang cahaya jadi bayangan tidak jatuh ke wajahnya. Waktu juga merupakan hal yang sangat penting. Foto terbaik diambil saat matahari terbit atau matahari terbenam. Fotografer pemula sering mengabaikan tips penting ini dan malah memotret di tengah hari.

6. Mengedit Foto

Seringkali, fotografer memotret objek foto yang indah, tetapi belum diedit. Edit lah hasil foto Anda secara digital agar dapat terlihat lebih bagus. Cobalah untuk mengubah warna, kontras, dan pencahayaan hingga terlihat profesional. Anda bisa menggunakan Photoshop atau Lightroom untuk mengedit foto.

Nah itu dia beberapa tips memilih objek yang saya berikan untuk kamu yang ingin memotret atau yang ingin menjadi seorang fotografer, Mungkin cara tersebut bisa kamu gunakan saat kamu ingin mengambil gambar.