Tips Mendapatkan IP Tinggi Agar Kamu Bisa Lulus Dengan Nilai Cumlaude

Anda mungkin sudah berusaha tetapi sampai saat ini belum pernah mendapat IP yang lumayan bagus. Nah, apakah Anda sudah mengetahui dan menguasai beberapa tips untuk mendapat IP tinggi ini?

Tips Mendapatkan IP Tinggi Agar Kamu Bisa Lulus Dengan Nilai Cumlaude

Di samping mendapatkan ilmu dari perkuliahan, mahasiswa juga bertujuan untuk mendapat IP yang tinggi, hingga meraih cum laude .

IP itu apa sih?.

IP itu adalah singkatan dari Indeks Prestasi dimana IP ini menjadi tolok ukur bagi keberhasilan seorang mahasiswa dalam perkuliahan.

Anda mungkin sudah berusaha tetapi sampai saat ini belum pernah mendapat IP yang lumayan bagus. Nah, apakah Anda sudah mengetahui dan menguasai beberapa tips untuk mendapat IP tinggi ini?

Jadi bagi semua mahasiswa perlu mempelajari tips – tips untuk mencapai IP Tinggi dan juga Anda yang menjadi mahasiswa baru perlu untuk menargetkan IP yang bagus. Jadi dari awal sudah serius belajar dan berusaha untuk mendapatkan IP yang tinggi.

Berikut ini kami akan berbagi kepada Anda sebagai mahasiswa baru maupun semester akhir tentang tips – tips meraih IP yang tinggi. Jadi tips – tips belajar dan aplikasikan dalam proses perkuliahan.

Apa sajakah tips mendapatkan ip tinggi dalam perkuliahan? Simak ulasan berikut ini :

1. Rajin kuliah

Sebagai mahasiswa memang sudah seharusnya tugas Anda untuk rajin kuliah. Jadi setiap ada kuliah usahakan Anda hadir. Bayangkan saja, jika Anda tidak hadir karena malas. Apa yang Anda dapat? Tidak ada.

Tetapi coba saja meskipun Anda malas tetapi tetap 1 kalimat atau ilmu pasti ada yang Anda dapat dari perkuliahan. Jadi meskipun ada kegiatan lain di luar seperti organisasi, atau sedang malas. Yang namanya kuliah tetap menjadi prioritas Anda.

2. Selalu mengerjakan tugas

Usahakan semua tugas yang ada, baik dari dosen atau praktikum semua Anda mengerjakan dan mengumpulkan. Jadi, misalnya dengan sangat susah atau sangat banyak waktu yang terbatas, sebisa mungkin Anda melakukannya saja.

Meskipun tidak maksimal tetapi jika Anda mengumpulkan tugas, setidaknya nama Anda telah dicatat memiliki nilai tugas. Biasanya, nilai tugas itu berpengaruh 15% – 25% terhadap nilai akhir semester. Maka sebagai mahasiswa baru mahasiswa , janganlah terlalu bersantai.

3. Ikuti semua pertanyaan

Di perkuliahan itu biasanya ada namanya kuis, Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS). Dari ke-3 ujian ini Anda harus mengikuti semua ini jika ingin mendapat IPK tinggi dan tidak gagal dalam mata kuliah tersebut. Kuis biasanya dibuat secara rutin, meskipun demikian dosen membuat kuis sudah terjadwal. Sehingga kalian perlu untuk mempersiapkan diri selalu jika masuk mata kuliah tersebut.

Untuk UTS dan UAS jangan sampai Anda tidak ikut, karena bisa – bisa Anda gagal dalam mata kuliah tersebut. Bagi sebagian perguruan tinggi ada peraturan bahwa tidak ada ujian susulan. Alangkah lebih baik jika sebelum UTS dan UAS Anda tetap menjaga kesehatan dan tidak terlalu capek agar pas saat ujian tiba.

4. Aktif di kelas

Jika Anda melaksanakan tips ini, maka akan menjadi sebuah nilai plus buat Anda. Karena dengan aktif menjelaskan, memberikan pertanyaan dan pernyataan, menjawab soal menandakan Anda memang orang yang tertarik dan mendengarkan topik mata kuliah tersebut.

5. Berikan pertanyaan di pertemuan pertama

Pada pertemuan pertama kuliah sebagian berusaha untuk mengenali mahasiswanya, jadi kesempatan bagus untuk mengajukan pertanyaan tentang materi kuliah serta memperkenalkan diri Anda. Maka dosen akan mengenal kamu untuk pertemuan – pertemuan selanjutnya. Jadi jika dosen sudah mengenal Anda hanya perlu bertemu dengan beliau bahwa Anda pantas mendapat nilai bagus dengan tips no. 4 tadi yaitu aktif di kelas.

Itulah beberapa tips untuk mendapat IPK tinggi. Semoga Anda dapat mengaplikasikannya dalam perkuliahan. Tetapi 1 hal yang harus kita ketahui bahwa IPK tinggi tidak menjamin masa depan kita, tidak menjamin kita mendapat pekerjaan dan jabatan tinggi, tetapi yang menjamin adalah ilmu pengetahuan yang kita.

Jadi terus semangat kuliah, terus gapai ilmu dan selalu berusaha untuk menjadi orang yang lebih baik lagi.