Tips Mengatasi Nyeri Otot

Anda tak perlu khawatir, ada berbagai cara untuk mengatasi nyeri otot setelah olahraga. Yuk simak ulasan berikut ini.

Tips Mengatasi Nyeri Otot

Nyeri otot merupakan efek samping yang dapat muncul setelah berolahraga. Rasa nyeri yang dirasakan bisa bervariasi, ada yang sedang hingga berat.  Apabila dalam waktu 24 hingga 48 jam setelah berolahraga nyeri otot semakin memburuk, kemungkinkan Anda mengalami delayed onset muscle soreness (DOMS) dan ini merupakan hal normal.

Anda tak perlu khawatir, ada berbagai cara untuk mengatasi nyeri otot setelah olahraga. Yuk simak ulasan berikut ini :

1. Pijat ringan

Memberikan pijatan ringan pada tubuh setelah berolahraga membantu otot rileks dan meredakan nyeri otot. Pijat ringan dengan atau tanpa alat juga bisa membantu menggerakkan cairan tubuh yang terakumulasi di otot setelah olahraga.

2. Tidur cukup

Istirahat cukup setelah berolahraga intens juga penting untuk meningkatkan produksi protein. Proses ini penting untuk mengembalikan otot dalam kondisi prima. Disarankan untuk tidur malam minimal tujuh jam setelah olahraga.

3. Olahraga ringan

Kendati otot butuh istirahat, namun Anda tetap perlu melakukan olahraga ringan sehari-hari. Coba gerakan tubuh dengan lembut, seperti jalan kaki ringan, bersepeda, berenang, atau yoga. Hal ini diperlukan agar sirkulasi darah lancar. Jangan pilih olahraga berlebihan atau menguras tenaga karena bisa malah menambah kerusakan otot. Dengan melakukan olahraga ringan, otot mendapatkan pasokan oksigen dan nutrisi yang cukup untuk memperbaiki sel yang rusak.

4. Tetap Aktif Bergerak

Karena rasanya nyeri, Anda mungkin malas dan tak ingin bergerak dari kasur atau tempat duduk. Padahal, bergerak justru membuat tubuh Anda merasa lebih baik, lho. Lakukan aktivitas fisik ringan selama 30 hingga 60 menit seperti berjalan atau bersepeda santai. Beraktivitas ringan setelah berolahraga dapat meredakan nyeri otot setelah lama tak berlatih. 

5. Konsumsi Makanan Berprotein

Anda bisa mengonsumsi makanan mengandung protein sebagai cara mengatasi nyeri otot setelah olahraga. Pilihlah daging yang memiliki sedikit kandungan lemak, susu, serta kacang-kacangan. Sebab, makanan tersebut mengandung protein yang membantu memulihkan otot setelah mengalami robekan mikro saat berolahraga. Usahakan untuk mengonsumsi makanan berprotein ke dalam asupan nutrisi sehari-hari.  Anda harus bisa membedakan antara nyeri otot setelah olahraga, nyeri otot akibat bekerja terlalu berat, atau nyeri karena mengalami cedera.