Tips Mengatasi Overthinking yang Berlebihan

Overthinking karena terlalu serius memikirkan masalah, kesalahan, atau kekhawatiran bisa menimbulkan penyakit mental.

Tips Mengatasi Overthinking yang Berlebihan

Overthinking karena terlalu serius memikirkan masalah, kesalahan, atau kekhawatiran bisa menimbulkan penyakit mental. Depresi atau perubahan reaksi emosional yang secara tiba-tiba dan tidak menyenangkan seperti berubah menjadi marah atau sedih. Overthinking juga membuat hidupmu jadi gak sehat. Kamu cenderung ingin meminum alkohol atau makan makanan berlebihan.

Nah, buat kamu yang sering overthinking kira-kira gimana cara mengatasinya ya? Yuk simak infonya di bawah ini.

1. Lakukan hobi yang disukai

Alihkan masalahmu dengan melakukan hobi yang disukai. Selain bisa mengisi waktu luang, kamu juga bisa melupakan masalahmu sejenak dan juga siapa tahu dapat menemukan solusi saat kamu melakukan hobimu.

2. Jalan-jalan

Jalan-jalan sore juga tidak ada salahnya nih sebagai cara untuk mengatasi ovethinking. Selain itu, kamu juga bisa pergi ke mall bersama sahabat atau keluarga untuk berbelanja. Hal ini bisa mengurangi sedikit beban masalahmu. So, perbanyak jalan-jalan ke luar ya agar tidak stress.

3. Ceritakan masalah kamu

Jika kamu punya masalah, sebaiknya ceritakan kepada orang tua atau sahabat yang dipercaya. Misal kamu berusaha untuk memendamnya sendiri, justru akan membuatmu semakin stress. Jadi tidak ada salahnya jika kamu menceritakan semua masalahmu. Siapa tahu dengan cerita kamu bisa menemukan solusinya.

Nah, itu dia cara mengatasi overthinking. Kalau kamu biasanya melakukan hal apa untuk mengatasi ke overthinking?