Tips Mengendalikan Emosi Saat Konflik Dengan Pasangan Kamu

Belajar mengendalikan emosi ketika menghadapi konflik merupakan salah satu hal penting untuk menjaga hubungan agar hubungan tetap sehat

Tips Mengendalikan Emosi Saat Konflik Dengan Pasangan Kamu

Belajar mengendalikan emosi ketika menghadapi konflik merupakan salah satu hal penting untuk menjaga hubungan agar hubungan tetap sehat. Meski begitu, beberapa pasangan masih kerap mengalami kesulitan untuk melakukannya, lho. Padahal, membicarakan permasalahan dengan kondisi diri tak terkendali hanya akan melukai satu sama lain. Akibatnya, permasalahan nggak kunjung selesai dan keutuhan hubungan kamu jadi terancam! Nggak ingin hal ini terjadi kepadamu, bukan?

Oleh karena itu, selalu pastikan emosi kamu tak menghancurkan hubungan, ya. Apalagi, saat terjadi konflik di tengah-tengah hubungan kamu dengan pasangan. Sebagai proses belajar, kamu dapat memulainya dengan melakukan kelima langkah berikut, nih. Simak selengkapnya!

1. Mengambil jarak sejenak

Langkah pertama yang harus kamu lakukan ketika konflik hadir di tengah-tengah hubungan adalah mengambil jarak. Beritahu pasangan bahwa kamu perlu sedikit waktu untuk menjauh sejenak darinya. Dengan begitu, kamu punya kesempatan lebih banyak untuk mengambil napas dan berpikir jernih. Hal ini jauh lebih baik daripada memaksakan diri untuk membicarakan permasalahan dalam keadaan hilang kendali

2. Ambil napas panjang dan tenangkan diri

Cara terbaik untuk mengendalikan emosi adalah dengan bernapas. Terdengar amat sederhana, bukan? Meski begitu, mengambil napas panjang terbukti mampu membuatmu siapapun tenang saat sedang menghadapi situasi sulit, lho. Oleh karena itu, jangan sepelekan hal semacam ini, ya. Berikan dirimu sedikit ruang untuk mengambil napas dalam-dalam guna berpikir logis tanpa mengedepankan emosi.

3. Pusatkan perhatian pada apa yang kamu rasakan

Selanjutnya, hal yang nggak kalah pentingnya untuk dilakukan setelah menarik napas panjang adalah menyadari apa yang kamu rasakan atas segala hal yang terjadi. Hal ini dapat membantu kamu untuk mengatur emosi dengan lebih baik, lho. Sehingga, ketika tiba waktunya untuk membicarakan permasalahan dengan pasangan, segala hal yang kamu utarakan jadi lebih terfokus dan nggak menyebar kemana-mana.

4. Jangan hanya berfokus pada satu kalimat buruk darinya

Ya, semua orang bisa saja mengatakan sesuatu hal yang akan disesali ketika emosi mengambil alih kontrol diri. Namun, sewaktu kamu dan pasangan sedang berdebat, janganlah berfokus pada satu kalimat buruk yang mungkin terucap dari mulutnya, ya. Upayakan untuk tak menaruh perhatian pada hal-hal kecil yang berpotensi membuatmu terluka dan hilang kendali.

5. Hindari pertengkaran yang tak perlu

Ada begitu banyak hal yang dapat terjadi dalam sebuah hubungan, nggak terkecuali perselisihan atau pertengkaran. Meski begitu, kamu selalu punya pilihan untuk tak membawanya terlalu jauh hingga menghancurkan hubungan yang telah lama kamu bangun.  Lagi pula, memikirkan sikap dan tindakannya yang membuat kamu kesal sendiri dapat berdampak buruk untuk keutuhan hubunganmu. Bersikaplah dewasa dan komunikasikan segala hal yang mengganjal di dalam hati, ya!