Tips Menghadapi Sidang Skripsi Agar Lancar Dan Sukses

Lantas bagaimana cara mengatasi kecemasan tersebut dan tips agar sidang skripsi berjalan lancar

Tips Menghadapi Sidang Skripsi Agar Lancar Dan Sukses

Sidang skripsi atau yang juga biasa disebut sebagai pendadaran adalah proses akhir bagi seorang mahasiswa untuk memperoleh sebuah gelar. Setelah bertahun-tahun mendalami teori masa perkuliahan. Hingga menyusun karya ilmiah yang syarat dengan penelitian. Umumnya, sebagian besar mahasiwa pasti cemas menghadapi sidang skripsi ini. Lantas bagaimana cara mengatasi kecemasan tersebut dan tips agar sidang skripsi berjalan lancar?

Yuk simak ulasan berikut ini, agar kamu bisa lancar dalam menjalani sidang skripsi :

1. Minta solusi dengan dosen pembimbing

Jangan cepat puas soal pemahaman isi skripsi. Telaah apakah masih ada isi skripsi yang sulit dipahami. Kalau Anda sendiri tidak bisa memahami, orang lain pun bisa lebih sulit lagi melakukannya. Anda harus segera konsultasikan masalah yang muncul dengan dosen pembimbing. Diskusikan secara mendalam tentang masalah tersebut, hingga menemukan solusi. Sampai Anda benar-benar yakin bahwa tak ada lagi hal yang bisa membuat orang lain kebingungan.

Bahkan, Anda juga bisa memposisikan dosen pembimbing sebagai dosen penguji. Biarkan dia menyampaikan pertanyaan-pertanyaan soal materi skripsi Anda. Sehingga Anda bakal punya bayangan mengenai pertanyaan yang akan diajukan para dosen penguji.

2. Jaga Kesehatan

Kesehatan menjadi persiapan yang paling sebelum mengikuti kegiatan apapun, termasuk sebelum sidang skripsi . Jika Anda sakit, pasti tidak akan bisa datang dan tidak diluluskan hasil skripsinya. Oleh karena itu, jaga terus kesehatan Anda agar tetap dapat mengikuti sidang tersebut. Santaplah makanan yang bergizi dengan bersenang hati. Sebisa mungkin hindari makanan yang kurang sehat, seperti mi instan, gorengan, es, dan sebagainya.

3. Latihan sidang dengan teman Anda

Untuk bisa menghadapi sidang skripsi dengan tenang, Anda bisa saja melakukan latihan public speaking. Setidaknya, latihan ini bisa membantu Anda dalam menyampaikan materi yang lebih mudah dipahami oleh para dosen penguji. Bagaimana cara latihannya? Anda bisa mengawali dengan berlatih di depan cermin. Tentu saja sekaligus dengan materi yang akan Anda presentasikan.

4. Cek semua peralatan

Nah, dengan datang jauh lebih awal dari jadwal, Anda jadi punya waktu untuk melakukan pengecekan dari peralatan yang akan digunakan. Mulai dari laptop, file skripsi Anda, hingga proyektor yang akan menayangkan presentasi Anda. Pastikan semuanya tidak mengalami masalah. Koneksi dari laptop ke proyektor pun lancar tanpa kendala. Termasuk juga handout yang mungkin Anda siapkan untuk diberikan kepada para penguji.

Saat ada masalah pun, Anda setidaknya masih punya waktu untuk menyelesaikannya. Syukur kalau memang semua peralatan sudah siap untuk menemani Anda ‘bertempur’ di depan para dosen penguji.

5. Siapkan Pakaian Yang Akan Digunakan

Siapkan semua uniform atau outfit of the day spesial untuk hari sidang Anda. Biarkan diri Anda lebih percaya diri dengan pakaian formal dan rapi yang disukai.

6. Berdoa Dan Minta Restu Kepada Orang Tua

Tak ada sukses seorang anak tanpa ada doa dari orang tua di belakangnya. Jadi pastikan Anda pamit untuk menjalani sidang skripsi kepada kedua orang tua. Terutama kepada ibu. Minta kepada mereka untuk mendoakan Anda bisa lancar dalam menjalani sidang skripsi. Karena doa orang tua untuk anaknya adalah doa yang selalu dikabulkan oleh Tuhan. Tentu saja, Anda pun tetap berdoa untuk diri Anda sendiri. Karena, sebagai manusia Anda wajib untuk berusaha. Hasil akhir tetap Tuhan yang menentukan.