Tips Menjadi Seorang Leader Di Sebuah Perusahaan Dengan Baik Dan Benar

Menjadi pemimpin atau leader yang disukai bawahan bukanlah hal yang mudah. Karena selain akan menjadi panutan bawahan, anda juga diwajibkan untuk menguasai beberapa bidang lebih banyak ketimbang yang lain.

Tips Menjadi Seorang Leader Di Sebuah Perusahaan Dengan Baik Dan Benar

Banyak orang ingin menjadi seorang pemimpin di sebuah perusahaan, mungkin Anda salah satunya. Namun yang perlu diingat, perjalanan karier dari bawah untuk sampai di pucuk dalam struktur organisasi perusahaan mudah. Butuh kerja keras dan Kriteria-kriteria tertentu.

Nah, jangan katakan bahwa Kriteria-kriteria tersebut merupakan bawaan dari lahir alias bakat. hasil dari proses panjang dan konsistensi seseorang. Siapapun bisa menjadi pemimpin, tak peduli berasal dari mana atau keturunan siapa. Jika layak didapuk sebagai pemimpin, maka jabatan itu bisa diraihnya.

Berikut 6 Cara Menjadi Seorang Leader :

1. Menjadi pemimpin yang tidak baik dan pelit

Yang dikeluarkan adalah saat Anda berpapasan dengan bawahan di luar kantor jangan ragu untuk menegur terlebih dahulu. Selain itu sekiranya ada bawahan yang membutuhkan bantuan dalam pekerjaan atau hal lain, lebih suka menunjukkan rasa perlu Anda. Banyak cara untuk menunjukkan rasa tersebut, lakukan dengan secukupnya dan lakukan itu membuat nyaman di bawahan Anda.

 2. harus berisikap konsisten dengan peraturan

Ini menjadi sesuatu yang sangat krusial bagi perusahaan. Di saat anda mengesahkan suatu peraturan untuk dilanggar, jangan pernah langgar dan hindari peraturan yang membuat bingung bawahan. Dimaksudkan membuat bingung adalah peraturan yang setengah-setengah atau tidak jelas arah tujuan. Karena itu justru akan membuat bawahan menjadi kurang respek dengan Anda.

3. Pandai membaca situasi

Menjadi pemimpin atau pemimpin yang baik juga diwajibkan selalu bisa mengayomi bawahannya demi mendapatkan situasi kerja yang kondusif. suatu kejadian, gosip, masalah antar karyawan atau omongan yang belum jelas kepastianya, adalah contoh beberapa hal yang wajib anda ketahui. Karena dengan memahami lingkungan kerja perusahaan, tentunya akan membuat Anda lebih mudah berbaur dan mendapatkan karyawan yang konsisten dan loyal dalam hal pekerjaan.

4. Lakukan komunikasi dan interaksi dengan baik

Seorang pemimpin atau leader juga harus selalu bisa ramah dengan siapa pun yang berada dikantor. Misal suatu waktu kunjungi meja kerja atau ruangan kerja bawahan dan lakukan perbincangan sederhana agar bawahan tidak terlalu jenuh. Apabila anda memiliki waktu senggang lain cobalah ajak bawahan secara bergantian makan siang bersama atau sekedar minum kopi untuk saling mengenal lebih dalam.

5. Buang jauh perilaku atau kebiasaan buruk

Suatu hal yang sebenarnya harus dilakukan jika menjadi pemimpin, melainkan hanya semua orang termasuk karyawan lain di dalam perusahaan tersebut. Namun tentunya itu harus dimulai dari diri Anda sebagai pemimpin. Karena negatif Anda membuang jauh dari perilaku buruk yang berarti hal tersebut, tentu akan membuat bawahan mencontohnya. Karena pasti bawahan yang baik bermula dari leader yang baik pula.

6. Menjaga sikap tegas

Seorang leader yang selalu mengayomi karyawan bukan berarti menghilangkan ketegasannya. Karena juga ketegasan dalam memimpin diperlukan seorang pemimpin itu sendiri. Bersikap tegas juga akan membuat keyakinan Anda sebagai seorang pemimpin yang baik dan bertanggung jawab.