Tips Menjaga Battery Smartphone Agar Bisa Bertahan Hingga Tahunan

Tips Menjaga Battery Smartphone Agar Bisa Bertahan Hingga Tahunan

Kebutuhan hp dengan baterai yang tahan lama kini semakin meningkat. Seperti yang diketahui, satu hal yang selalu menjadi masalah klasik dari hp Android adalah daya tahan baterai yang cepat habis. Hp Android yang telah dipakai lebih dari satu tahun pada umumnya akan mengalami penurunan performa baterai. Meski kini sudah banyak hp dibekali baterai kapasitas besar, namun tetap diperlukan beberapa pengaturan agar lebih tahan lama.

Menjaga kesehatan baterai smartphone sebenarnya gampang. Tak butuh kebiasaan khusus yang merepotkan pengguna. Jika dijaga dengan baik, baterai akan awet hingga tahunan.

Berikut ini tips menjaga battery smartphone agar bisa tahan lama hingga tahunan :

1. Suhu yang pas untuk charging

Suhu tinggi adalah musuh baterai awet. Kunci utamanya adalah mengontrol temperatur baterai. Ketika hendak men-charging, sebaiknya perhatikan apakah suhu HP terlalu panas atau dingin. Perlu diketahui bahwa zona aman dan ideal untuk charging adalah antara 16 hingga 25 derajat Celcius. Pengisian daya di suhu tinggi bisa menyebabkan degradasi atau penurunan baterai dari waktu ke waktu.

Sedangkan pengisian pada suhu yang lebih rendah bisa meningkatkan resistensi dari internal baterai. Demi menghindari kerusakan baterai, smartphone Oppo memiliki fitur yang secara otomatis menghentikan pengisian daya atau pada suhu lingkungan yang ekstrem. Serta akan memberikan notifikasi "suhu terlalu rendah atau tinggi, baterai tidak dapat diisi".

2. Aksesoris charging asli pabrikan

Baterai lithium-ion pada smartphone perlu perlakuan khusus agar awet. Ia sangat sensitif jika diisi daya menggunakan charger palsu atau abal-abal. Baterai bisa mengalami kerusakan karena daya listrik yang masuk tidak stabil.  Usahakan untuk selalu charging menggunakan power adaptor dan kabel dari bawaan pabrik. Jika memakai charger dari pihak ketiga, pastikan reputasinya bagus dan memang sesuai dengan spesifikasi smartphone.

3. Pastikan ada teknologi charging terbaik di smartphone

Salah satu rahasia menjaga keawetan baterai adalah dengan memastikan ada teknologi charging terbaru di smartphone. Teknologi ini bakalan membantu mengisi daya dengan cepat. Seperti teknologi 33W Flash Charge pada Oppo A95 memungkinkan pengisian daya hingga 54% hanya dalam 30 menit. Sedangkan untuk mengisi penuh daya hanya membutuhkan waktu 72 menit.

Pengguna nggak perlu khawatir bila perangkat jadi panas, karena sudah ada proteksi berlapis dan metode khusus agar panas dialihkan ke adapter charger. Baterai 5.000mAh membuat Oppo A95 tetap aktif sepanjang hari.  Oppo juga memastikan setiap ponsel Oppo yang dikirimkan kepada kamu telah melalui ribuan pengujian yang ketat. Fitur lainnya adalah Battery Guard, di mana perangkat bakal terhenti proses isi daya otomatis ketika suhu terlalu tinggi.

4. Aktifkan Fitur Penghemat Baterai

Smartphone-smartphone zaman sekarang sudah semakin canggih karena mereka sudah menyediakan fitur penghemat baterai yang bisa kamu manfaatkan. Biasanya, penghematan yang dilakukan adalah dengan mengatur pencahayaan layar, dan mematikan aplikasi-aplikasi yang berjalan di background.

Namun, ada kalanya ketika menggunakan hp, kita tidak suka bila harus dibatasi penggunaannya. Kalau sudah begitu, kami menyarankan untuk menyalakan fitur ini bila kapasitas baterai di hp Android sudah mendekati low batt. Agar kapasitas baterai di hp menjadi lebih panjang.

5. Bersihkan Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Banyak pengguna hp Android yang menganggap kalau menutup aplikasi sudah cukup untuk membuat hp menjadi lebih enteng. Padahal, itu hanya membuatnya ditutup namun tetap berjalan di background. Kalau itu dibiarkan terus menerus, maka akan memakan memori ram dan juga baterai. Karena itu, cobalah masuk ke menu multitasking dan cek apa saja aplikasi yang masih berjalan. Kalau ada aplikasi yang sudah tidak terpakai, lebih baik matikan saja.