Tips Merawat Gigi Kita Dengan Benar, Agar Tidak Mudah Rusak Dan Berlubang

Nah bagaimana sih cara merawat gigi kita dengan benar, agar tidak mudah rusak atau berlubang ?. Yuk simak artikel berikut ini

Tips Merawat Gigi Kita Dengan Benar, Agar Tidak Mudah Rusak Dan Berlubang
Menerapkan hidup sehat, salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan tubuh sepanjang hari. Menjaga kebersihan tubuh juga bukan hanya dengan mandi lho, tapi juga dengan memastikan tangan selalu bersih, begitu juga dengan gigi. Merawat gigi tetap bersih dan sehat bukan hanya penting buatmu sendiri, tapi juga akan membantu mencegah penyakit dan penyebaran infeksi pada orang lain. 
Nah bagaimana sih cara merawat gigi kita dengan benar, agar tidak mudah rusak atau berlubang ?. Yuk simak artikel berikut ini :

1. Sikat gigi setelah makan

Mungkin Anda sering mendengar bahwa menyikat gigi sebaiknya dilakukan dua kali sehari, yaitu saat bangun tidur dan sebelum tidur. Namun sebenarnya, untuk mencegah gigi berlubang, disarankan menyikat gigi setidaknya setiap kali selesai makan, dan jangan lupa untuk membersihkan gigi dengan benang gigi. Akan tetapi, bila Anda tidak bisa menyikat gigi setiap setelah makan, setidaknya berkumurlah dengan air untuk menghilangkan sisa makanan di mulut.

2. Mengurangi asupan kafein dan alkohol

Minuman yang mengandung alkohol dan kafein dapat membuat mulut menjadi kering jika terlalu banyak dikonsumsi. Akibatnya gigi dan gusi bisa menjadi kering dan mudah rusak. Tidak ada orang yang menginginkan gigi keropos. Jika Anda termasuk orang yang berisiko mengalaminya, mulailah lebih rutin merawat gigi Anda, agar gigi mampu bertahan dalam kondisi baik hingga lanjut usia. Selain itu, jangan lupa pula untuk rutin memeriksakan kondisi kesehatan gigi dan mulut ke dokter gigi setiap 6 bulan.

3. Gunakan Pasta Gigi yang Mengandung Fluoride

Jangan hanya memilih pasta gigi yang dapat membuat gigi menjadi putih, tapi pastikan juga bahwa ia mengandung fluoride. Kenapa? Soalnya fluoride akan bekerja melindungi gigi dari resiko rusak dan busuk. Ia akan melawan bakteri dan menyediakan perlindungan yang aman bagi gigi. Setiap orang tentu punya sensitivitas giginya masing-masing. Maka dari itu, gunakanlah pasta gigi yang sesuai dengan gigimu sendiri ya.

4. Periksakan kesehatan gigi dan mulut secara rutin ke dokter

Melakukan pemeriksaan gigi rutin bisa menjadi salah satu cara untuk menghindari gigi berlubang dan merupakan langkah perawatan gigi yang baik. Dengan pemeriksaan gigi rutin, gangguan pada gigi dapat terdeteksi lebih awal sehingga lebih mudah ditangani. Jika pada pemeriksaan didapati bahwa gigi rentan berlubang, dokter akan memberikan perlindungan lebih kepada gigi berupa sealant. Sealant adalah jaket pelindung gigi yang berfungsi melindungi enamel gigi dari zat asam dan plak yang dapat menyebabkan kerusakan gigi.

Itulah tips cara merawat gigi kita agar tidak mudah rusak atau berlubang.