Tips Merawat Rambut Yang Kering

Hal ini tentu sangat mengganggu karena bisa bikin penampilan jadi kurang oke. Nah, tak perlu lagi khawatir atau repot-repot pergi ke salon.

Tips Merawat Rambut Yang Kering

Semua orang terlebih wanita pasti menginginkan rambut panjang yang sehat terawat. Sayangnya, kadang karena perawatan yang salah rambutmu justru mengalami kerusakan. Rambut kering menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi wanita. Hal ini tentu sangat mengganggu karena bisa bikin penampilan jadi kurang oke. Nah, tak perlu lagi khawatir atau repot-repot pergi ke salon.

Cukup ikuti 5 cara merawat rambut kering secara alami dan mudah untuk kamu lakukan sendiri. Dijamin rambutmu jadi makin sehat dan menawan :

1. Hindari mencuci rambut terlalu sering

Bagi Anda yang memiliki rambut kering dan mengembang, hindari mencuci rambut setiap hari karena kebiasaan ini justru dapat membuat rambut bertambah kering dan rusak. Anda sebaiknya mencuci rambut 1-2 kali dalam seminggu, atau mencucinya saat rambut sudah terasa kotor.

2. Gunakan kondisioner setelah keramas

Gunakanlah kondisioner setelah membersihkan rambut dengan sampo. Kondisioner dapat membuat kultikula rambut tetap sehat dan menjaga kadar minyak alami di rambut Anda. Selain itu, kondisioner juga dapat membuat rambut menjadi lembap dan lebih sehat.

3. Berikan perlindungan yang cukup untuk rambut

Lindungi rambut Anda dari panas dan paparan sinar matahari terlalu lama. Jika cuaca sedang panas, kenakanlah topi ketika Anda beraktivitas di luar ruangan. Anda juga bisa menggunakan penutup kepala saat mandi atau ketika berenang di kolam renang atau laut, untuk melindungi rambut Anda dari klorin dan air garam.

4. Batasi penggunaan alat styling rambut

Untuk mengatasi dan mencegah rambut kering dan mengembang, Anda disarankan untuk membatasi penggunaan alat styling rambut, seperti pengering rambut, catokan, dan pengeriting yang memberikan panas ke rambut. Penggunaan alat styling rambut yang terlalu sering dapat merusak rambut Anda, lho.

5. Konsumsi makanan sehat

Tak hanya melakukan perawatan dari luar, Anda juga harus merawat rambut dari dalam, yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat, misalnya ikan salmon. Konsumsi ikan salmon dapat membantu membuat rambut lebih sehat dan berkilau. Selain itu, Anda bisa mengonsumsi sayur bayam untuk mengatasi rambut yang rapuh, dan jambu biji untuk mencegah kerusakan rambut.

Jadi itu dia tips mengatasi rambut kamu yang kering.