Tips Minum Kopi Agar Asam Lambung Tidak Mudah Naik

Saat asam lambung naik, biasanya perut akan terasa kembung, mual, ingin muntah, tangan bergetar, pokoknya jadi terasa tidak nyaman. Duh, habis minum kopi bukannya jadi segar malah jadi lemas

Tips Minum Kopi Agar Asam Lambung Tidak Mudah Naik

Kopi sudah menjadi salah satu kebiasaan orang Indonesia, bahkan ada yang sudah minum kopi saat baru bangun tidur. Tapi sayangnya, tidak semua orang bisa minum kopi dengan nikmat. Mereka yang memiliki masalah lambung biasanya akan mengalami efek samping, yaitu asam lambung naik.

Saat asam lambung naik, biasanya perut akan terasa kembung, mual, ingin muntah, tangan bergetar, pokoknya jadi terasa tidak nyaman. Duh, habis minum kopi bukannya jadi segar malah jadi lemas.

Untuk penderita asam lambung, kamu tetap bisa minum kopi tanpa menyebabkan asam lambung naik kok. Yuk simak artikel berikut ini.

1. Cari kopi dengan kadar asam rendah

Bubuk kopi bisa menghilangkan bau tidak sedap di mobil

Bila kamu memiliki asam lambung namun tetap ingin minum kopi, sebaiknya pilih jenis kopi yang berkadar asam rendah. Ada beberapa merek kopi yang tingkat asam rendah, namun cita rasanya tetap maksimal. Biasanya, kadar asam pada kopi ini bisa diminimalisir dengan cara memanggangnya secara sangat lambat, atau menyela proses roasting-nya. Hasilnya, kopi akan tetap kaya rasa, namun tak akan menimbulkan asam lambung meningkat.

2. Fermentasi ganda 

Ilustrasi kopi

Pecinta kopi barangkali sudah akrab dengan fermentasi biji kopi dapat memengaruhi hasil seduhan kopi. Penderita gangguan asam lambung disarankan memilih kopi yang diproses fermentasi dua kali. Beberapa petani atau prosesor terkadang sengaja memproses ulang fermentasi untuk mengurangi cita rasa getir kopi saat diseduh. 

3. Pilih kopi dengan profil dark roast

Tips Aman Minum Kopi untuk Mencegah Asam Lambung Naik (2)

Cara lain untuk mengonsumsi kopi agar asam lambung tak naik adalah memilih kopi dark roast. Semakin gelap tingkat roasting-nya, akan semakin rendah pula kadar asamnya. Selain itu, kopi dark roast juga cenderung memiliki kadar kafein lebih rendah, sehingga tak memicu produksi asam di perut.

Dengan kata lain Dark roast sendiri adalah biji kopi yang sudah melalui proses sangrai yang memiliki ciri biji kopi tua bahkan kehitaman dengan tekstur berminyak pada seluruh biji. Kopi yang dihasilkan pun cenderung kehilangan cita rasa originalnya, kafein yang menurun dan menghasilkan rasa terbakar atau burnt yang cukup kuat, karena dipanggang pada suhu 240-250 C hingga kopi berwarna hitam dan berminyak. Dan kopi ini pun sering kita jumpai yaitu digunakan untuk minuman kopi espresso, cafe-latte, cappucino.

4. Menambahkan susu

Ilustrasi susu

Susu adalah salah satu minuman yang baik untuk penderita maag atau asam lambung. Menambahkan susu pada secangkir kopi akan membuat kopi menjadi lebih aman untuk penderita maag. Tetapi, pilihlah susu yang rendah lemak atau susu skim dibandingkan susu full cream. Karena kandungan lemak yang tinggi pada susu akan membuat cincin otot kerongkongan bagian bawah menjadi longgar.

5. Pilih kopi yang rendah kafein

Ilustrasi kopi

Asam lambung bisa naik karena kandungan kafein di dalam kopi terlalu pekat. Jenis kopi yang rendah kafein adalah arabika. Oleh karena itu, sebaiknya pilih menu kopi arabika saja agar kamu tidak merasakan efek samping yang lumayan membuat pusing. Selain itu, pilih kopi yang dipanggang tidak terlalu lama. Karena semakin pekat warna hitam pada kopi, kandungan kafeinnya juga semakin tinggi. Kamu bisa menikmati kopi hijau yang lebih aman untuk penderita asam lambung.

6. Minum air putih setelahnya

Tips Aman Minum Kopi untuk Mencegah Asam Lambung Naik (5)

Salah satu cara termudah untuk mencegah asam lambung naik usai minum kopi adalah mengencerkan kopi dalam perutmu. Nah, minum segelas air usai menenggak kopi, dapat membantu meminimalisir efek buruknya pada lambung. Air akan mengurangi kadar asam dari kopi yang kamu konsumsi.

Jadi itu dia tips meminum kopi agar asam lambung tidak naik, untuk kamu pencinta kopi sudah gak usah ragukan lagi asam lambung naik, karena tips diatas bisa kalian pakai saat meminum secangkir kopi.