Tips Sebelum Mengikuti Kelas Online

Tips Sebelum Mengikuti Kelas Online
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

 

Pihak China mengatakan kasus pertama Virus Covid-19 atau yang kita kenal dengan Virus Corona ini diketahui pada 31 Desember 2019.  Awal infeksi virus corona ini gejalanya mirip dengan pneumonia yang di yakini berasal dari pasar hewan dan ikan laut di Wuhan, Provinsi Hubei, China.

Data statistik yang dikumpulkan oleh John Hopkins University di Amerika Serikat menunjukkan hampir 82% dari sekitar 75.000 kasus virus corona berasal dari kawasan ini.

Berdasarkan data terkini per 23 Maret 2020, Data kasus virus corona di Indonesia sebesar 579 orang positif virus corona, 49 pasien meninggal dunia, 29 pasien lainnya sembuh. Dan data kasus corona ini bisa saja melonjak 1 minggu kedepan (sekitar tanggal 30 Maret 2020).

Seluruh aktivitas dibatasi, masyarakat diberikan keringanan untuk #WorkFromHome (WFH) dan #StudyFromHome (SFH) kecuali masyarakat yang bekerja di bidang medis (untuk membantu pasien-pasien yang terkena virus corona). Work From Home ini berdampak  kepada seluruh lapisan masyarakat terutama orang yang bekerja (karyawan), Siswa dan Mahasiswa. Dikarenakan Pemerintah sudah menyatakan untuk #StayAtHome selama 2 minggu untuk memutus rantai virus corona, maka seluruh aktivitas dilakukan melalui online. Bagi Siswa dan Mahasiswa wajib banget memahami apa saja yang harus kita siapkan sebelum mengikuti kelas online. Berikut Tips Sebelum Mengikuti Kelas Online =

  1. Menggunakan pakaian yang sopan dengan sikap tubuh yang positif.
  2. Pilih tempat yang tepat (Perhatikan bagian belakang anda dan perhatikan apakah anda di tempat yang tenang, dimana anda bisa mendengarkan dengan jelas sesuai dengan pembicaraan pemateri/dosen/guru. Sehingga anda tidak terganggu dengan suara-suara bising yang dapat menggangu konsentrasi anda dalam mendengarkan materi).
  3. Perhatikan cahaya, video, suara, microphone (Pastikan bahwa tempat anda melakukan perkuliahan online didukung dengan cahaya yang cukup, pastikan kualitas video yang anda gunakan itu cukup untuk menyampaikan/menunjukkan keterlibatan anda dalam kelas daring tersebut, pastikan anda dapat mendengar suara dari para peserta yang lain dan dari pemateri/dosen/guru anda, pastikan microphone anda berfungsi).
  4. Perhatikan kondisi suasana sekitar (apakah ada hal-hal (terutama suara) yang masuk ke dalam perkuliahan/pembelajaran anda).
  5. Pahami rencana pembelajaran sebelum memulai kelas dan login tepat waktu.

 

Dan hal yang harus dihindari ketika kelas online =

  1. Dilarang makan selama kelas berlangsung (kecuali pemateri/dosen/guru anda mengizinkan).
  2. Jangan menjadi “Yes Man”, Be Active. (Aktif lah dalam kelas, gunakan waktu tersebut untuk anda menggali lebih dalam sebanyak-banyaknya. Manfaatkan! Disitulah pembelajaran anda sedang terjadi).
  3. Dilarang melakukan hal lain yang tidak terkait materi kelas (kecuali berkaitan dengan materi kelas online anda) karena akan dapat memecah konsentrasi anda.
  4. Don’t be a shadows student (Pastikan anda hadir pada saat kelas berlangsung, pastikan anda siap dalam melakukan diskusi dengan dosen/guru/pemateri anda).
  5. Dilarang log-off / log-out/ leave meeting sebelum kelas selesai.

 

Daftar Pustaka

https://www.bbc.com/indonesia/dunia-51586103

https://www.alodokter.com/virus-corona