Yuk mulai mencegah jerawat dari sekarang

Jerawat terkadang membuat kita tidak percaya diri saat tampil di luar, bagaimana cara mencegah agar tidak timbul jerawat, simak berikut ini

Yuk mulai mencegah jerawat dari sekarang

1. Menjaga Kebersihan Wajah

Jaga kebersihan wajah Basuh wajah kamu maksimal 2 kali sehari dengan sabun wajah yang berformula lembut. Usap perlahan dan bilas dengan air hangat hingga bersih. Hindari menggosok kulit dengan batu apung atau spons kasar. Cuci dengan kain yang lembut atau tangan. Lalu, keringkan wajah dengan handuk bersih dengan cara ditepuk-tepuk perlahan.

2. Kurangi Konsumsi Kacang-kacangan

Makanan menjadi salah satu penyumbang timbulnya jerawat yang menganggu penampilan Anda. Berbagai jenis makanan akan meningkatkan kadar gula darah yang menjadi penyebab munculnya jerawat.

Kacang-kacangan seperti kacang kulit ataupun kacang mete terkadang sangat ampuh mengundang jerawat mampir ke wajah anda. Untuk itu, kurangi konsumsi kacang-kacangan jika anda ingin memiliki kulit wajah yang mulus.

3. Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Kulit wajah yang terjaga dengan baik kelembapannya akan terlihat lebih cerah, segar, dan tidak kusam. Oleh karena itu, Anda perlu mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan minum air putih lebih dari 8 gelas per hari untuk hasil yang maksimal.

Air putih sendiri dapat digunakan sebagai salah satu cara mencegah timbulnya jerawat karena dapat membantu membersihkan tubuh dari racun.

4. Kurangi penggunaan makeup

Untuk meminimalkan munculnya jerawat, Anda disarankan untuk menggunakan produk makeup yang tidak mengandung pewangi, bebas minyak, dan berlabel noncomedogenic. Aplikasikan produk tersebut tipis-tipis,  karena penggunaan makeup yan tebal dapat membuat pori-pori wajah tersumbat, sehingga jerawat bisa saja muncul.

5. Cuci muka dua kali sehari, sampai bersih

Masih banyak orang beranggapan memakai makeup adalah penyebab jerawatan. Padahal, yang membuat jerawat langganan muncul terus bukan produk kosmetiknya tapi wajah yang tidak dibersihkan benar.

Umpamanya begini: wajah yang tidak dirias saja tetap harus rutin dibersihkan karena masih sangat mungkin untuk ditempeli kotoran dan debu dari luar. Nah, apalagi kulit wajah yang sudah dilapisi riasan?

Makeup yang tebal juga dapat menyumbat pori-pori kulit tersumbat dan akhirnya menyebabkan jerawat. Maka meski riasan sudah dihapus dengan makeup cleanser atau micellar water, Anda tetap harus mencuci muka. Jika tidak, sisa-sisa makeup yang tidak terangkat dapat semakin menyumbat pori bersama dengan campuran kotoran dan debu.

6. Kendalikan Stres

Hal ini mungkin tampak tak mudah untuk dilakukan, namun percayalah, mengendalikan stres adalah salah satu cara mencegah jerawat terpenting di antara semuanya.

Stres dapat menimbulkan hormon tubuh negatif yang dapat berpengaruh langsung ke tubuh Anda, salah satuny dapat menimbulkan jerawat di wajah Anda.

Cobalah lakukan banyak kegiatan positif dan menyenangkan seperti meditasi, menonton, jalan-jalan, ataupun berolahraga ringan.

Kegiatan positif dipercaya menjadi salah satu cara untuk mengendalikan tingkat stres dalam diri seseorang.

7. Olahraga rutin

Dengan melakukan olahraga rutin, maka sirkulasi darah dan oksigen akan lancar. Olahraga juga bisa mengontrol keseimbangan hormon dan mengurangi stres sehingga membantu meminimalisir munculnya jerawat.